Biaya Kuliah UII 2017/2018 (Universitas Islam Indonesia)

Biaya Kuliah UII 2017 -- Info Biaya Kuliah UII, Biaya Pendidikan UII, Biaya UKT UII, Biaya SPP UII, Biaya Studi UII, Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana UII, Biaya Kuliah Per Semester UII, Rincian Biaya Kuliah Universitas Islam Indonesia (UII). 2019. 2020.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang Biaya Kuliah UII 2017/2018. Dengan diberikannya informasi biaya kuliah ini, semoga bisa menjadi informsi awal bagi ada terutama yang akan kuliah di UII. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Universitas Islam Indonesia atau yang dikenal dengan nama UII adalah salah satu Universitas Swasta terkenal di Indonesia dan juga merupakan Universitas Swasta tertua. Universitas Islam Indonesia (UII) terletak di Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Bisa kuliah di Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap peserta.

Perlu admin informasikan sedikit bahwa ketika anda akan masuk ke UII, maka anda harus tahu jalur apa saja yang dibuka oleh UI untuk menerima mahasiswa baru. Berikut informasinya

Universitas Islam Indonesia (UII) menerima mahasiswa baru melalui 3 jalur, yaitu :
  • Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) yaitu jalur tanpa tes yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dari suatu sekolah. 
  • Paper Based Test (PBT) merupakan jalur seleksi masuk UII yang dilakukan melalui ujian tertulis
  • Computer Based Test (CBT) merupakan jalur seleksi yang dilakukan menggunakan komputer.

Melalui ketiga jalur tersebut, Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan penerimaan mahasiswa baru. Silahkan anda ikuti jalur sesuai kemampuan atau keinginan anda.

Ketika akan kuliah di Universitas Islam Indonesia (UII), tentunya banyak hal yang akan menjadi pertimbangan, diantaranya yaitu biaya kuliah, biaya hidup, jarak tempat tinggal dengan kampus, dan masih banyak hal lainnya.

Dari beberapa pertimbangan mungkin telah anda pikirkan yaitu biaya kuliah menjadi hal yang paling banyak dipikirkan oleh setiap calon mahasiswa yang ingin kuliah. Kuliah di suatu Perguruan Tinggi dimana pun termasuk kuliah di Universitas Islam Indonesia (UII) adalah biaya kuliah menjadi salah satu pertimbangan utama.

Perlu anda ketahui pengertian sederhana mengenai biaya kuliah. Biaya kuliah adalah besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk membiayai kuliah atau pendidikannya hingga selesai. Biaya kuliah yang dimaksud disini adalah biaya kuliah perorangan.

Selain itu, ada pula biaya kuliah dari suatu instansi. Biasanya mahasiswa yang biaya kuliahnya dibiayai oleh suatu intansi maka setelah lulus harus mengabdi pada instansi tersebut dengan lamanya waktu sesuai perjanjian di awal.

Fokus utama yang akan menjadi topik pembahasan kita kali ini adalah tentang biaya kuliah UII yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa.

Setelah anda mendaftar, kemudian mengikuti seleksi, dan akhirnya dinyatakan lulus seleksi masuk ke Universitas Islam Indonesia (UII), selanjutnya anda harus melakukan pendaftaran ulang dengan melengkapi berkas-berkas pendaftaran ulang.

Pada saat melakukan pendaftaran ulang, salah satu hal yang harus anda lakukan adalah membayar biaya kuliah UII.

Biaya kuliah UII terbagi menjadi 2 komponen, yaitu Sumbangan Catur Dharma dan SPP. Setiap calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di UII diwajibkan membayar uang kuliah tersebut. Penjelasan lebih rinci mengenai 2 komponen pembayaran biaya kuliah UII akan dijelaskan berikut ini.

A. Sumbangan Catur Dharma UII

Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus masuk ke UII diwajibkan membayar Sumbangan Catur Dharma dengan besarnya biaya tersebut ditentukan dalam kategori rangking yang didasarkan pada skor Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCP) sebagai berikut.


Sumber gambar : pmb.uii.ac.id

B. Biaya SPP UII

Selain wajib membayar Sumbangan Catur Dharma, calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi masuk UII juga diwajibkan membayar biaya SPP. Biaya SPP ini akan terus dibayar sampai selesai kuliah.

Biaya SPP UII terbagi menjadi 2 jenis yaitu SPP Tetap dan SPP Variabel. SPP Tetap adalah biaya SPP yang besar pembayarannya tetap dari awal semester hingga selesai, sedangkan SPP Variabel adalah biaya SPP yang dapat berubah-ubah tergantung jumlah SKS yang di ambil pada tiap semester.

Biaya SPP Mahasiswa Baru Program Studi Jenjang Sarjana (S1)

Pembayaran biaya SPP UII Jenjang Sarjana didasarkan pada ketentuan sebagai berikut
  1. Terdiri dari SPP Tetap yang dibayarkan per semester dan SPP Variabel berdasarkan SKS yang di ambil. SPP dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali. SPP tetap dibayar pada angsuran ke-1 Semester Ganjil dan Genap, SPP variabel dibayar pada angsuran ke-2 Semester Ganjil dan Genap.
  2. Dana Pengembangan hanya dibayar pada tahun pertama, diangsur 4 kali pada angsuran ke-1 dan ke-2 Semester Ganjil dan Genap.
  3. Dana Sistem Informasi/TI dan Pembinaan Minat & Bakat Mahasiswa, dibayar 2 kali per semester selama 3 tahun sesuai dengan sistem angsuran berjalan.
  4. Dana kemahasiswaan dan asuransi dibayar setiap tahun.
  5. Pembayaran Dana Laboratorium, dengan ketentuan seperti berikut ini.
    • Fakultas TSP, TI, dibayar 2 kali per semester selama 3 tahun sesuai dengan sistem angsuran berjalan.
    • Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Agama, Psikologi dan Sosial Budayaa (kecuali Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), dibayar 1 kali per semester salama 3 tahun sesuai dengan sistem angsuran berjalan.
    • Fakultas Kedokteran dibayar 2 kali per semester selama 3,5 tahun sesuai sistem angsuran berjalan
    • FMIPA dibayar 3 kali per tahun selama 3 tahun.
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dibayar 1 kali per semester salama 1 tahun
Itulah ketentuan mengenai pembayaran biaya SPP UII. Untuk mengetahui besarnya jumlah biaya SPP yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa UII dapat anda lihat dibawah ini.




Sumber gambar : pmb.uii.ac.id

Biaya SPP Mahasiswa Baru Program Studi Jenjang Diploma

Pembayaran biaya SPP UII Jenjang Diploma didasarkan pada ketentuan sebagai berikut
  1. Biaya SPP dibayar 4 kali setiap tahun. SPP Tetap dibayar pada angsuran ke-1 semester ganjil dan genap. SPP Variabel dibayar pada angsuran ke-2 pada semester ganjil dan genap.
  2. Dana Pengembangan hanya dibayar pada tahun pertama, diangsur 4 kali pada angsuran ke-1 dan ke-2 pada semester ganjil dan genap
  3. Dana Sistem Informasi/TI dan Pembinaan Minat & Bakat Mahasiswa dibayar 2 kali per semester selama 2 tahun sesuai sistem angsuran berjalan
  4. Dana kemahasiswaan dan asuransi dibayar setiap tahun
  5. Pembayaran Dana Laboratorium sesuai sistem angsuran berjalan : D-3 FE dan D-3 Analis Kimia masing-masing dibayar 2 kali per semester selama 2 tahun
Itulah ketentuan tentang pembarayan biaya SPP UII jenjang Diploma. Untuk mengetahui besarnya biaya SPP maka dapat anda lihat pada tabel berikut.


Sumber gambar : pmb.uii.ac.id

Biaya SPP Mahasiswa Baru Internasional Program

Pembayaran biaya SPP UII Internasional Program didasarkan pada ketentuan sebagai berikut
  1. Biaya SPP dibayar 4 kali setiap tahun. SPP Tetap dibayar pada angsuran ke-1 semester ganjil dan genap. SPP Variabel dibayar pada angsuran ke-2 pada semester ganjil dan genap.
  2. Dana Pengembangan hanya dibayar pada tahun pertama, diangsur 4 kali pada angsuran ke-1 dan ke-2 pada semester ganjil dan genap
  3. Dana Sistem Informasi/TI dan Pembinaan Minat & Bakat Mahasiswa dibayar 2 kali per semester selama 3 tahun sesuai sistem angsuran berjalan
  4. Dana kemahasiswaan dan asuransi dibayar setiap tahun
  5. Additional Tuition Fee dibayar setiap tahun dan diangsur 2 kali. Pembayaran angsuran dibayar sebelmu ujian tengah semester (UTS) pada semester genap dan ganjil.
Itulah ketentuan tentang pembayaran biaya SPP UII Internasional Program. Untuk informasi besarnnya biaya yang harus dibayar maka dapat anda lihat pada tabel berikut.


Sumber gambar : pmb.uii.ac.id

Setelah mengetahui besarnya biaya Sumbangan Catur Dharma dan biaya SPP UII untuk semua program di atas, selanjutnya anda dapat memperkirakan sendiri besarnya biaya kuliah yang harus dikeluarkan mulai dari masuk kuliah UII sampai selesai kuliah.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Biaya Kuliah UII. Semoga informasi yang telah diberikan tersebut dapat menjadi gambaran bagi anda terutama yang akan kuliah di UII.

Ayo bantu bagikan (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman atau rekan lainnya. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.