Biaya Kuliah Jalur Mandiri PTN 2016/2017

Biaya Kuliah Jalur Mandiri PTN 2016 -- Info Biaya Kuliah Jalur Mandiri PTN, Biaya Pendidikan Jalur Mandiri PTN, Biaya UKT Jalur Mandiri PTN, Biaya SPP Jalur Mandiri PTN, Biaya Studi Jalur Mandiri PTN, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma/Sarjana Jalur Mandiri PTN, Biaya Kuliah Per Semester Jalur Mandiri PTN, Rincian Biaya Kuliah Jalur Mandiri PTN.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Biaya Kuliah Jalur Mandiri PTN 2016/2017. Informasi ini ditujukan terutama bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar kuliah dengan mengikuti seleksi jalur mandiri PTN. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.biayakuliah.web.id/

Jalur seleksi mandiri PTN adalah jalur seleksi yang diselenggarakan secara langsung oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang umumnya dilakukan melalui ujian tertulis.

Mengenai biaya pendaftaran jalur mandiri PTN biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan biaya pendaftaran jalur seleksi nasional.

Selain itu, untuk biaya kuliah jalur mandiri PTN, ada PTN yang membedakan besarnya baya kuliah jalur mandiri dengan jalur nasional, dan adapula PTN yang membedakan besarnya biaya kuliah jalur mandiri dengan jalur nasional.

Telah kita ketahui bahwa biaya kuliah di PTN telah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dimana pembayaran UKT ini dilakukan sekali tiap awal semester yang besarnya ditetapkan berdasarkan besarnya penghasilan orang tua/wali yang menanggung beban kuliah mahasiswa yang bersangkutan.

Sedangkan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan Bidikmisi. 

Info lebih lanjut baca : Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi

Secara umum, di PTN ada Bidikmisi jalur mandiri dimana jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang ingin mengikuti seleksi jalur mandiri di PTN. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di website PTN tujuan anda.

Mengenai Biaya Kuliah Jalur Mandiri PTN, telah disebutkan di atas bahwa ada PTN yang menyamakannya dan ada PTN yang membedakan antara biaya kuliah jalur mandiri dengan biaya kuliah jalur nasional. Berikut ulasan selengkapnya.

Biaya Kuliah Jalur Mandiri PTN sama dengan Biaya Kuliah Jalur Nasonal

Ada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menetapkan besarnya biaya kuliah jalur mandiri sama dengan biaya kuliah jalur seleksi nasional (SNMPTN/SBMPTN).

Hal ini tentunya dapat memberikan keringanan biaya kepada mahasiswa baru yang masuk ke PTN melalui jalur mandiri.

Salah satu contoh PTN yang menerapkan sistem ini yaitu UNNES. UNNES memberlakukan UKT yang sama untuk mahasiswa baru baik yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun Seleksi Mandiri. 

Besaran UKT UNNES ditentukan berdasarkan isian Data Pokok mahasiswa baru bukan berdasarkan jalur seleksi masuk. Jadi, mahasiswa baru yang masuk melalui jalur apapun, UKT-nya tetap sama.

Biaya Kuliah Jalur Mandiri PTN berbeda dengan Biaya Kuliah Jalur Nasonal

Pada umumnya, PTN membedakan besarnya biaya kuliah jalur mandiri dengan biaya kuliah jalur nasional (SNMPTN/SBMPTN). 

Tentu saja biaya kuliah jalur mandiri akan lebih mahal dibandungkan dengan biaya kuliah jalur nasional. Hal ini dikarenakan PTN melakukan pungutan uang pangkal/bentuk lainnya pada jalur seleksi mandiri untuk mahasiswa baru sehingga menyebabkan biaya kuliah jalur mandiri menjadi lebih mahal.

Dalam memungut uang pangkal/bentuk lainnya, PTN berpegang teguh pada Permenristekdikti No 22 Tahun 2015 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Pasal 9 ayat (1), yaitu ;
PTN dapat memungut uang pangkal dan/atau pungutan lain selain UKT, dari mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Diploma yang terdiri atas:
  • Mahasiswa asing;
  • Mahasiswa kelas internasional;
  • Mahasiswa yang melalui jalur kerja sama; dan/atau
  • Mahasiswa yang melalui seleksi jalur mandiri
Dengan dasar ini, PTN memiliki hak untuk memungut biaya selain UKT kepada mahasiswa baru. Misalnya saja PTN menetapkan biaya kuliah yang terdiri dari UKT, Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), Tes Kesehatan, Layanan Perpustakaan, Layanan IT, Dana Pengembangan, dan lain-lain sesuai dengan ketetapan masing-masing PTN.

Jadi, secara umum, biaya kuliah jalur mandiri PTN akan lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya kuliah jalur nasional seperti SNMPTN atau SBMPTN.

Biaya kuliah jalur mandiri yang harus dibayar oleh tiap mahasiswa terdiri dari UKT dan biaya lainnya sesuai peraturan dari Permenristekdikti di atas. 

Pada umumnya UKT pada jalur mandiri berada pada level tinggi yang sama-sama kita ketahui bahwa UKT pada level tinggi nilainya cukup besar / mahal. Jadi mahasiswa baru yang masuk ke PTN melalui jalur mandiri harus mengeluarkan lebih banyak biaya.

Informasi lebih lanjut mengenai biaya kuliah jalur mandiri dapat anda baca di web ini dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Contoh : "biaya kuliah UGM", "biaya kuliah UNSRI", dll. Selain itu, anda juga dapat langsung mengunjungi website resmi PTN tujuan anda untuk menemukan informasi yang anda butuhkan tersebut.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan Biaya Kuliah Jalur Mandiri PTN. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semuanya.

Cukup sekian info dari admin dan mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca informasi mengenai biaya kuliah di web ini. Sekian dan salam sukses selalu.